Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Perubahan Kehidupan Sosial 

(*Naufal Nabil Ramadhan dan Muhammad Radika Afwa Bimalaksa*) 

 

Era globalisasi merupakan era kita menemui berbagai macam bentuk perkembangan teknologi. Mulai dari dunia pendidikan, medis, logistik, infrastruktur, hingga pemerintahan. Perubahan tingkah laku manusia juga tidak kalah tertinggal pada zaman ini. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi seluruh aspek kehidupan manusia pada zaman dahulu telah berubah dan mengalami kemajuan di masa sekarang. 


Perkembangan teknologi yang disebabkan oleh globalisasi sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Baik itu secara spiritual, keluarga, sosial, finansial, mental, sampai pada emosional. Semua aspek tersebut sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Mengapa demikian?  


Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan sebuah interaksi untuk saling memenuhi kebutuhan satu sama lain. Interaksi yang baik akan membawa kesejahteraan bagi kehidupan. Menurut H. Bonner (dalam Gerungan, 2010: 62) interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu manusia, dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain, atau sebaliknya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus bisa memaksimalkan interaksi antar individu maupun kelompok sebagai bahan untuk mengembangkan ilmu dan perilaku kita sekaligus mempertahankan seluruh aspek dalam kehidupan. 


Keadaan di masyarakat dulu tidak seperti sekarang. Sekarang mau apa-apa memakai gadget, mau bayar pake gadget, mau daftar pake gadget, ujian pun pake gadget. sebenarnya banyak dampak positif yang kita dapatkan dari perkembangan teknologi, tetapi keadaanya sama dengan dampak negatifnya. banyak juga dampak negatif yang didapat setelah adanya perkembangan teknologi. contoh kecil nya yang dapat kita ambil dari lingkup keluarga adalah kurang adanya interaksi antar anggota keluarga karena terlalu sibuk bermain gadget. Itu merupakan salah satu contoh kecil yang dapat kita ambil dari lingkup keluarga, kalau di masyarakat kira kira bagaimana? menurut kalian apakah lebih banyak dampak positifnya atau dampak negatif nya?. Mungkin bisa diambil dari lingkup sekolah karena secara logis kita ini masih pelajar, jadi tidak usah mengambil contoh kemana-mana.  

 

 

Dampak Penggunaan Gadget Bagi Kehidupan Bermasyarakat 

Banyak kita temui di masyarakat sekarang sudah mulai mengenal dan memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka sudah mulai melakukan sebuah komunikasi dan transaksi dengan memanfaatkan gadget dan internet. Mungkin bisa kita ambil dari contoh penggunaan toko online yang sangat menguntungkan untuk kegiatan jual beli. Kita tidak harus bepergian kesana kemari untuk mencari barang yang kita butuhkan. Kita cukup mengakses sebuah aplikasi yang tersedia di gadget kita untuk mencari barang yang kita butuhkan. Oleh karena itu masyarakat menjadi lebih mudah dalam mengatur segala urusan mereka. Tidak hanya itu, gadget menjadi sangat penting dalam dunia pendidikan. Beberapa lembaga kependidikan dan universitas sudah mulai memanfaatkan teknologi dalam proses belajar dan mengajar. Oleh karena itu efesiensi waktu dan fleksibilitas mereka dalam proses pembelajaran menjadi lebih tertata.   

 

 

 

Masih banyak dampak positif yang kita dapatkan saat menggunakan gadget dalam keseharian kita. Contoh dampak positif yang bisa kita dapatkan melalui penggunaan Gadget: 


  1. 1. Mengakses Informasi Menjadi Mudah 

Dengan adanya gadget, Memungkinkan akses mudah dan cepat untuk mencari berbagai informasi, seperti berita terkini, panduan, serta pengetahuan 

  1. 2. Komunikasi Global 

Berkat gadget, Kita tetap bisa terhubung dengan teman, keluarga, dan rekan-rekan di seluruh dunia, meskipun sampai ujung dunia sekalipun. Seperti memakai aplikasi berbasis WhatsApp, Messenger, LINE dan lain sebagainya. 

  1. 3. Belajar menjadi menyenangkan 

Gadget bisa menjadi teman kita saat belajar, dengan adanya gadget kita lebih mudah mencari informasi mengenai pendidikan. Ada aplikasi belajar online seperti ruang guru, ada video pembelajaran yang bisa kita dapatkan melalui berbagai platform atau e-book yang membuat kita bisa belajar dengan gampang walaupun sedang berada di luar sekolah. 

  1. 4. Membantu kerja lebih efisien 

Gadget membuat kerja menjadi lebih efisien, serta meningkatkan produktivitas, seperti menggunakan aplikasi mencatat jadwal contohnya Google Keep, melihat tanggal menggunakan aplikasi Google Callendar, serta alarm untuk mengingatkan kita di setiap waktu 

 

Inserting image... 

https://pin.it/4T1HViZ Diunduh pada Sabtu, 26 Agustus 2023 pukul 22:02. 

 

Dibalik dampak positif gadget yang memudahkan banyak orang dalam kehidupan, ternyata ada juga dampak negatifnya. Dampak negatif datang ketika seseorang tidak menggunakan ilmu dan akal dalam memanfaatkannya. Dan mereka akhirnya menjadi sebuah oknum dari penyalahgunaan gadget, sehingga menjadi latar belakang dari tercemarnya nama baik gadget dalam segi penggunaannya. Berikut ini merupakan dampak negatif dari munculnya gadget dalam perkembangan teknologi :  


  1. 1. Gangguan interaksi sosial 

Kita pasti tidak asing lagi dengan orang-orang yang kesehariannya dipenuhi dengan gadget. Baik itu dalam sebuah forum, rapat, maupun dalam kegiatan sosial, pasti ada orang yang sibuk dengan gadgetnya sendiri. Terkadang interaksi pada orang di sekitarnya pun menjadi terabaikan dan lebih memprioritaskan interaksi pada gadgetnya. Hal ini sangat mengganggu bagi keberlangsungan hidup orang lain. 

  1. 2. Ketergantungan 

Gadget bisa saja menjadi musuh kita ketika salah dalam mempergunakannya. Bukan kita yang bermain dengan gadget, akan tetapi kitalah yang sedang dipermainkan oleh gadget. Hanya dengan gadget kita bisa menjadi pribadi yang dapat merusak kehidupan diri sendiri hingga merusak hubungan keluarga. Rasa ketergantungan ini juga sangat berpengaruh terhadap kebiasaan para penggunanya.  

  1. 3. Malas melakukan kegiatan sehari-hari 

Rasa malas ini terkadang membuat kehidupan sehari-hari kita menjadi berantakan. Terkadang malas untuk bersih-bersih rumah, malas belajar, malas bekerja, dan masih banyak lagi kemalasan yang ditimbulkan oleh gadget. Hal ini menjadi pemicu hancurnya target yang sudah kita buat untuk masa depan. 

  1. 4. Ancaman Cyberbullying  

Cyberbullying merupakan kejadian ketika seseorang dihujat dan direndahkan di media sosial orang lain melalui media sosial melalui gadget. Ketika seseorang menggunakan gadget dalam mengakses media sosial, kemungkinan besar cyberbullying akan semakin parah. 

 

Dengan munculnya gadget di era sekarang, ternyata ada banyak sekali perubahan yang dihasilkan. Mulai dari lingkup pendidikan sampai pada lingkup kehidupan masyarakat telah mengalami perkembangan dan perubahan secara total. Akan tetapi kita harus bisa memanfaatkan teknologi tersebut dengan benar dan bijak agar menjadi manfaat bagi kehidupan.  "Ayo #RaihMasaDepanmu bersama Telkom University!" 

 

 

 

Daftar Pustaka 

 

Gerungan, 2010, psikologi sosial. Bandung : PT. Reflika aditama. 

Derry Iswidharmanjaya, Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor-Faktor Penyembab Anak Kecanduan Gadget. (Google Books,2014) h.16 

https://pin.it/4T1HViZ Diunduh pada Sabtu, 26 Agustus 2023 pukul 22:02. 

https://klubwanita.com/dampak-negatif-gadget diakses pada Minggu, 27 Agustus 2023. 

https://telkomuniversity.ac.id/ diakses pada Selasa, 29 Agustus 2023. 

 

Komentar